Manfaat Mengunyah Permen Karet

TAU NGGAK SIH?. Mengunyah permen karet, biasanya dilakukan dengan alasan senang memakan permen atau untuk menghilangkan bau mulut. Akan tetapi di Indonesia, sebenarnya mengunyah permen karet masih menjadi hal yang dianggap tak sopan dalam berbagai kondisi, misalnya saja di sekolah dalam ruangan kelas, murid dilarang mengunyah permen karet, karena dianggap tak sopan dan mengganggu konsentrasi.

Anggapan di atas rupanya salah. Manfaat dari mengunyah permen karet bukan hanya untuk memecahkan kebosanan atau menyegarkan bau mulut, akan tetapi juga berfungsi meningkatkan konsentrasi. Menurut sebuah hasil penelitian dari para psikologis Universitas St. Lawrence, eksperimen kepada 159 mahasiswa, hasilnya adalah kelompok mahasiswa yang mengunyah permen karet (baik yang mengandung gula atau bebas gula) , memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi dan mampu mengerjakaan tugas-tugas yang sulit, dibanding kelompok yang tak mengunyah permen karet.

Permen karet tak hanya berfungsi sebagai penyegar mulut belaka. Tetapi juga memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Selama ini kita hanya menikmati permen karet untuk menghilangkan rasa pahit di mulut atau mengusir kebosanan dengan mengunyah permen karet. Ternyata mengunyah permen karet memiliki sejumlah manfaat.

Berikut manfaat kesehatan dari permen karet:

1. Sebuah studi pada tahun 2011 menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama menjalankan tugas yang membutuhkan konsentrasi penuh, terbukti lebih fokus dan waspada dalam menjalankan tugasnya.

2. Menurunkan berat badan
Mengunyah permen karet membuat otot-otot rahang bergerak. Tak masalah permen karet masih terasa manis atau tidak, aktivitas mengunyah dapat ‘mengontrol’ rasa lapar. Dalam satu jam, dapat mengurangi 11 kalori dalam tubuh.Dengan mengunyah permen karet akan membuat otot-otot rahang ikut bergerak. Tanpa disadari, aktivitas mengunyah permen karet mampu mengontrol rasa lapar, sehingga hal ini bagus bagi mereka yang tengah menjalankan program diet.

3. Menjaga kesehatan mulut
Saat mengunyah permen karet, mulut akan menghasilkan air liur. Semakin banyak air liur diproduksi, semakin baik untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut. Untuk hasil maksimal, pilih permen karet yang tidak mengandung gula.
 

4.Untuk metabolisme

Aktivitas mengunyah akan meningkatkan motilitas usus. Banyaknya air liur yang dihasilkan saat mengunyah akan membuat sering menelan. Air liur yang mengalir ke perut akan melindungi tubuh dari asam lambung. (MI/ICH)
 

5. Membersihkan gigi
Dengan mengunyah permen karet, Anda akan mendapatkan gigi yang bersih dan rahang yang kuat. Di samping itu, permen karet juga membuat nafas lebih segar dan menghilangkan sisa-sisa makanan di gigi.

 

Sumber:

http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/04/25/89216/Manfaat-Positif-Permen-Karet-/11

http://belajarasik.com/update/tau-nggak-sih/permen-karet-tingkatkan-konsentrasi-dan-mood/

About rachmade

hi,,saya rachma nurdillah,saya adalah mahasiswi sistem informasi universitas gunadarma 2010,,
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s